Pages

Sabtu, 11 Februari 2012

Mengenal Sedikit Tentang Honda Nova Sonic (2)

Honda Sonic merupakan sepeda motor yang dirancang untuk pasar Asia Tenggara oleh Honda.   Honda Sonic acap diasosiasikan dengan Honda CBR125 yang dijual di Eropa, Australia,dan Kanada mengingat power yang disemburkan 13,5 HP. Motor ini sejatinya diposisikan untuk menggantikan RS Nova yang begitu populer di pertengahan 90an. Terdengar konyol memang. Ayam jago 125 cc 4 tak menggantikan yang kapasitas kurang lebih sama tapi 2 tak. Hal yang sama juga dilakukan pada NSR series yang diganti dengan CBR,dengan asumsi berkapasitas sama, 150cc. Sonic menjadi motor yang sangat populer di Thailand
dan banyak negara di Asia Tenggara. Satu-satunya pesaing yang dianggap sepadan  saat ini adalah Suzuki Raider 150.  Sebelumnya sempat malah Raider 125.

Sepeda motor ini diproduksi di Thailand oleh AP Honda,Co Ltd. Selain itu juga diekspor untuk negara lain di Asia Tenggara seperti Singapura, Laos, Kamboja,dan Vietnam. Honda Sonic tidak tersedia di Malaysia dikarenakan regulasi keselamatan yang ketat. Padahal disana si Belang alias Satria F150 dijual disana lho

Kekurangan
  • Tangki bahan bakar tergolong kecil karena terletak di bawah jok. Sebenarnya hal yang lumrah bagi motor berjenis underbone
  • Suspensi belakang dirancang untuk dua orang dan tidak bisa disetel untuk pengendara berbobot ringan (untuk beruangkah???)

Kelebihan
  • Ukuran kecil dan kompak
  • Akselerasi cepat karena bobot yang tereduksi
  • Irit bahan bakar


Spesifikasi Honda Sonic
  • Panjang x lebar x tinggi : 1.900 x 660x 960 mm
  • Jarak sumbu roda : 1.251 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 130 mm
  • Berat Kosong     : 102.5 kg
  • Tipe rangka : Twin tube frame
  • Tipe suspensi depan : Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang : Tunggal (Monoshock)
  • Ukuran ban depan :60/100 – 17M / C 33P
  • Ukuran ban depan : 80/90 – 17M / C 44P
  • Rem depan dan belakang : Cakram hidrolik, dengan piston ganda dan tunggal untuk bagian belakang
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 4,2 liter
  • Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendinginan cair
  • Sistem pendinginan : Radiator dengan kipas elektrik
  • Diameter x langkah : 58 x 47,2 mm
  • Volume langkah : 124,7 cc
  • Perbandingan kompresi           : 11,7 :1
  • Daya maksimum : 13,4 HP / 10.500 rpm
  • Torsi maksimum : 10,2 N.m / 7.500 rpm
  • Torsi maksimum : tidak tersedia
  • Kopling : manual, multiplate wet clutch
  • Gigi transmisi : 5 kecepatan
  • Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5
  • Starter : electrik & kick starter
  • Sistem pengapian : DC – CDI

sumber : prado2.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar