Pages

Rabu, 25 Juli 2012

Nissan Siapkan Mini-Z, Pesaing Toyota 86

imgPopularitas yang didapat dua anak kembar, Toyota 86 dan Subaru BRZ di dunia otomotif nampaknya menggoda pabrikan lain untuk bersaing. Nissan pun dikabarkan tertarik membuat mobil sport murah sekelas Toyota 86 dan Subaru BRZ. 

Uniknya, mobil sport masa depan Nissan ini mengambil platform yang sama dengan Nissan Juke.


Sebenarnya, rencana Nissan itu sudah bisa diendus tahun lalu setelah di Shanghai mereka memperlihatkan mobil Compact Sports Concept. 

Kabarnya, dilansir Motortrend, mobil yang disebut kalangan internal Nissan dengan Mini-Z sudah diberi lampu hijau untuk segera diproduksi.

Bila hal itu benar, kemungkinan mobil yang akan kental nuansa lifestyle yang dipadu dengan motorsport ini dibuat Nissan selain untuk menyaingi Toyota dan Subaru, nampaknya juga untuk menarik minat di pasar Asia.

Pada versi konsepnya, Nissan tidak membojorkan mesin apa yang menjadi jantung mobil ini. Tapi kemungkinan, mesin turbo berkapasitas 1.6 liter yang berkekuatan 190 hp akan digunakan. Mesin itu juga merupakan mesin milik Nissan Juke.

Ketika di produksi nanti, China akan menjadi sasaran utama penjualan mobil ini. Eropa malah akan mendapat porsi yang lebih kecil, bahkan pasokan untuk Amerika belum diputuskan karena masih dipertimbangkan.

Titik bidik yang berada di China memang tidak mengherankan. Sebab selain masih menjadi pasar mobil terbesar di dunia, Mini-Z lahir juga karena adanya pembicaraan antara China dan Jepang. Pada kesepakatannya, Jepang akan mengembangkan dan meriset mobil ini, sementara China akan mendesain dan menjadi tempat lahirnya.

Dan untuk harganya, mobil yang baru akan lahir paling cepat akhir 2013 ini kemungkinan akan dijual dibawah angka US$ 22.000 atau sekitar Rp 207,6 jutaan. Sangat murah untuk ukuran sebuah motor sport.

Murahnya harga mobil ini diperkirakan dapat dicapai karena platform dan mesin mobil ini masih menggunakan platform dan mesin yang sama dengan Nissan Juke sehingga biaya untuk riset dan pengembangan dapat di minimalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar