Pages

Rabu, 13 Juni 2012

7 Mobil Legendaris Amerika

 Mendengar kata mobil Amerika, imajinasi kita pasti langsung melayang pada 'kenakalan' sebuah muscle car yang memang telah menjadi ciri khas Amerika.

Muscle car adalah sebuah mobil sport ala Amerika yang memiliki tenaga dan desain yang khas.

Kata muscle car atau sering pula disebut pony car juga identik dengan legenda Ford Mustang dan kini makin terkenal berkat peran Chevrolet Camaro di film Transformers.

Padahal ada banyak lagi muscle car di Amerika. Apa saja muscle car legendaris Amerika? Berikut daftarnya seperti dilansir carbuzz.





1. Plymouth Barracuda

 
Mobil ini dijual dua minggu sebelum Mustang dan menjadi salah satu legenda.

Tenaga 225 hp dari mesin V8 yang pertama kali digendongnya menjadi salah satu penggoda yang terus ditingkatkan selama masa hidupnya.

Sayang, persaingan ketat dengan Mustang ditambah standar emisi baru di Amerika membuat mobil ini binasa di tahun 1974.

2. Chevrolet Camaro


 
Inilah rival abadi Mustang yang mampu melawan dominasi sang legenda selama puluhan tahun meski hanya tercatat beberapa kali mampu memenangi pertandingan penjualan melawan Mustang.

Lahir di tahun 1967, Camaro menjadi salah satu muscle car berumur panjang yang namanya makin tenar dan terangkat berkat film Transformers. Berkat film itu pula, Camaro dalam beberapa tahun terakhir berhasil mengalahkan penjualan Mustang yang tidak terkalahkan sejak puluhan tahun.

Mobil ini sebenarnya pernah dimatikan oleh General Motors di tahun 2002 silam karena berbagai alasan. Namun, momentum yang tepat ditambah bantuan film Transformers membuatnya langsung melesat ketika dihidupkan kembali di 2009 silam.


3. AMC Javelin


 
Nama AMC Javelin kedengarannya memang asing di telinga orang Indonesia, tapi ini adalah salah satu legenda muscle car Amerika yang lahir pada 1967 silam.

Di periode akhir 1960-an itu Javelin merupakan lawan yang tangguh. Mobil ini terkenal akan kecepatan dan kekuatan besar yang dikandungnya sejak lahir.

Sayang, mobil ini harus berumur pendek karena berhenti produksi di tahun 1974 silam. Namun namanya tetap dikenang hingga sekarang dan mobil ini menjadi salah satu incaran kolektor mobil Amerika.


4. Mercury Cougar


 
Lahir di tahun 1967, mobil ini menjadi salah satu pilihan penggila mobil Amerika ketika itu. Mobil ini berbagi platform dengan Mustang yang memang bisa dibilang sebagai saudara.

Mobil ini terus eksis di Amerika selama puluhan tahun dengan tampang yang beberapa kali di redesain namun tetap mempertahankan aura keras khas Amerika. Namun di tahun 2002, Mercury memutuskan untuk membunuh Cougar.


5. Pontiac Firebird



Bila Mustang berhadapan dengan Camaro, pertarungan antara dua raksasa otomotif Amerika, General Motors dan Ford juga terjadi di segmen muscle car lain.

Hal itu terbukti dengan kelahiran Pontiac Firebird yang didaulat General Motors untuk melawan Mercury Cougar yang disokong Ford.

Mobil ini lahir di tahun 1967 dan seperti halnya Mercury Cougar yang berbagi platform dengan Mustang, Pontiac Firebird juga berbagi platform dengan Camaro. Dan lagi-lagi seperti lawannya, mobil ini juga tewas di 2002.


6. Dodge Challenger



Pertarungan muscle car bukan hanya milik General Motors dan Ford saja, Chrysler pun bergerak dengan melahirkan Dodge Challenger untuk lawan Mustang dan Camaro.

Lahir telat di 1970an, Dodge Challenger langsung menjadi lawan yang disegani di dunia muscle car. Bukan apa-apa, kekuatan yang dimiliki Dodge Challenger sejak lahir memang terus menjadi salah satu yang terbesar diantara lawan-lawannya.

Namun nama legendaris ini harus pergi di 1983 walau kemudian kembali lahir di tahun 2008. Kini di masa modern, Dodge Challenger harus kembali bertarung dengan lawan abadinya, Mustang. Camaro pun tidak mau kalah dalam pertarungan dan dihidupkan kembali pada 2009.

Kini, rumor beredar kalau Dodge Challenger akan segera berganti model di tahun 2014 mendatang untuk menyegarkan diri agar bisa memenangi perang.

Namun ada rumor yang mengatakan kalau nama Dodge Challenger akan kembali dikubur dan sebagai gantinya, nama Barracuda akan kembali lahir.


7. Ford Mustang



Ya, kata muscle car tidak akan jauh-jauh dari legenda hidup Amerika ini. Sejak pertama kali diperlihatkan pada 1964, Ford Mustang langsung membius para penggila mobil disana dan terus menjadi muscle car papan atas hingga sekarng.

Kekuatan dan kelincahan mobil ini sangat melegenda di periode 1960-1970an dimana mobil ini menjadi salah satu mobil yang paling disegani di jalanan.

Penjualan mobil ini pun langsung melambung sejak tahun pertama kelahirannya. Selama puluhan tahun, Mustang menjadi muscle car terlaris di Amerika sebelum Camaro tenar di film Transformers.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar