skip to main |
skip to sidebar
Honda NSR 150 series
Honda NSR 150 pertama kali diciptakan memang khusus untuk market
diwilayah Asia saja. Hal ini terbukti dengan dibuatnya markas produksi
didua negara Asia, yaitu Thailand dan Taiwan, yang tentunya atas
lisensi dari pihak prinsipal Honda Jepang.
Dikisaran awal tahun 2000, di Thailand sendiri, produk unggulan
perdana NSR series yang langsung booming ketika pertama kali dikenalkan
adalah tipe 150 SP.
Walaupun sebelum tipe itu keluar, Honda Thailand
terlebih dulu sudah mengeluarkan tipe 150 RR. Atau yang di Indonesia
lebih dikenal dengan NSR 150 Astra. Kenapa Astra? karena pada tahun
yang sama pihak Astra Honda Motor (AHM) melakukan import
produk tersebut, masuk ke Indonesia. Dan konon berita yang santer
beredar, AHM memasukan produk ini ke sini, dikarenakan negera
produsennya itu sendiri (Thailand), Honda NSR 150 RR kurang
begitu laku dipasaran. Hal tersebut terkait dengan tidak lolosnya
sertifikasi test terhadap pelepas gas buang yang di Thailand sudah
menerapkan standar EURO. Maka untuk menghabiskan sisa stok, dieksport
lah produk tersebut kebeberapa negera Asean, yang salah satunya masuk
ke Indonesia.
Honda NSR 150 RR (Astra).
Sedangkan untuk Honda NSR 150 SP sendiri merupakan motor terbaik
dikelasnya. Sebuah perpaduan apik antara design khas motor sport
fairing dari Italy, dan mesin ciamik turunan teknologi dari NSR 250 MC
21 dari Jepang. Dengan dipersenjatai mesin berteknologi 2 stroke,
berkubikasi 149cc, berpendingin cair (radiator), bore x stroke : 59 x
54.5, mempunyai maksimum power 39.5 ps @ 10.500 rpm dan maksimum torsi
2.75 kg-m @ 10.000 rpm, berkompresi 6.8 : 1, mengaplikasikan 6
percepatan, kopling manual tipe basah, diotaki dengan CDI yang mengatur
suplai daya kelistrikan bertegangan 12v, serta mempunyai berat total
122.4 kg. Sehingga mampu membuat ridernya ngacir diputaran mesin atas
sampai batas kecepatan 180 kph…lho koq cuman segitu? kalau ditilik dari
power dan torsi yang ada, harusnya motor ini mampu tembus 200 kph dalam
mengail kecepatan. Wahhh…kalau soal itu saya kurang tahu, mungkin ada brur-brur yang mau sharing perihal ini
. Dan satu lagi sisi manis dari motor ini adalah pada bagian arm
belakangnya yang menggunakan model pro-arm layaknya motor-motor sport
berkubikasi mesin besar. Setahu saya, hanya NSR 150 SP inilah motor
sport ber cc kecil berlengan ayun tunggal, layaknya motor-motor sport
ber cc besar.
Honda NSR 150 SP.
Oo..iya…Pada masa transisi produk dari tipe NSR RR ke NSR SP, ternyata
masih ada lagi tipe yang dikeluarkan oleh Honda Asia Pasific Thailand,
yaitu Honda NSR 150 new RR. Jika ditilik dari segi design,
motor ini layaknya tipe SP yang dijejali mesin RR. Karena secara model
tampak luar hampir sama, cuman yang membedakan ada pada lengan ayun
belakangnya yang masih mengandalkan model monoshock. Sedangkan untuk
urusan dapur pacu, motor ini juga hampir sama dengan sang adik, dimana
perbedaan hanya terletak pada torsi dan power. Pada motor ini mempunyai
torsi sebesar 2.74 kg-m @ 9.000 rpm dan power sebesar 37ps @ 10.000
rpm, serta bobot motor yang hanya mencapai 120.9 kg. Kabar beredar yang
berhembus pada waktu itu, pada saat perancangan design body dan riset
mesin, pembalap kenamaan HRC (Honda Racing Corp) yaitu Michael Doohan, turut serta menyumbangankan idenya untuk pembangunan motor ini.
Honda NSR 150 new RR.

Tapi jauh sebelum ketiga tipe diatas meracuni para bikers pecinta
kecepatan dinegeri ini, Honda NSR 150 sudah duluan wara wiri dijalanan
Indonesia dengan tipe NSR R. Motor yang diperkenalkan oleh AHM pada
tahun 1994 ini, telah mendapat hati dipara pecintanya. Dengan model dan
basis mesin diatas produk kompetitor yang sejenis, Honda NSR 150 R
telah berhasil meracuni para penikmatnya untuk terus menggeber
kecepatan. Jika ditilik dari basis mesin, motor ini mempunyai spek
hampir sama dengan para adik-adiknya, apalagi dengan sang adik kandung
yaitu NSR 150 Astra. Cuman yang membedakan motor ini dengan motor NSR
varian terbaru adalah pada pola pengapian, dimana tipe R masih
mengandalkan arus AC sedangkan semua varian terbaru telah menerapkan
arus DC. Pada maksimum power, motor ini juga kalah telak dibandingkan
dengan para adik-adiknya, dimana tipe R masih mengandalkan power 28 ps
@ 10.000 rpm. Berhubung pada tahun 1998 Indonesia dihantam badai krisis
moneter, maka penjualan motor sport dengan harga diatas rata-rata juga
terkena imbasnya, yang mengharuskan pihak pabrikan untuk mendiscontinue
produksinya.
Honda NSR 150 R (AHM).
Untuk di Taiwan. Produk NSR 150 dipercayakan produksinya oleh Kwang Yang Motor Co. (Kymco)
sebuah produsesn sepeda motor yang terkenal akan produk scooter
maticnya. Kymco NSR 150 adalah produk yang dijual khusus untuk kawasan
China daratan saja. Dari informasi yang didapat, hasil power NSR 150
produksi Taiwan ini mempunyai tenaga paling kecil dibanding produk NSR
150 R Indonesia maupun NSR 150 RR/SP Thailand. Hal ini ditengarai
karena penggunaan karburator dengan ukuran dibawah produksi kedua
negara tersebut, serta ukuran porting pada ruang bakar juga mengecil
dibandingkan tipe NSR 150 produk Honda Asia Pasific. Dilihat dari sisi
maksimum powerpun, motor ini terbilang jauh miskin dibanding saudara
seperjuangannya. Jika pada produk Honda NSR 150 R buatan AHM mempunyai
horse power 28 ps @ 10.000 rpm, maka dimotor ini hanya mempunyai power
22.5 ps @ 9.500 rpm.
http://dwinugros.wordpress.com/2011/01/04/honda-nsr-150-the-legend-of-speed-part-2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar