Pages

Jumat, 09 Maret 2012

Yamaha ‘Mata-matai’ Teknologi Honda

Bukan merupakan hal baru jika antar pabrikan yang berpartisipasi dalam kejuaraan MotoGP saling meniru atau mempelajari karakteristik pengembangan teknologi yang dipakai para
kompetitor mereka. Tetapi General Manager Yamaha Masahiko Nakajima mengakui kalau Yamaha telah memata-matai teknologi yang dikembangkan Honda pada musim lalu untuk melihat rahasia di balik dominasi Honda pada tahun 2011.

Pada saat post season test di Valencia November lalu, eks rider Honda yang hijrah ke Yamaha Tech3 untuk musim 2012 Andrea Dovizioso telah memberikan banyak masukan kepada Yamaha, terutama tentang perbandingan teknologi dan karakter yang dipergunakan antara Honda dengan Yamaha. Tetapi pembalap Italia tersebut meyakinkan Yamaha untuk mempertahankan filosofi mereka dalam pengembangan motor M1.

Nakajima menjelaskan, “Ini merupakan hal yang sangat menarik. Di Valencia kami sudah mendapat banyak komentar dari Dovizioso. Komentarnya selalu berisikan perbandingan antara Yamaha dan Honda pada trek tersebut. Selama musim lalu kami juga menyelidiki banyak hal tentang motor RC212V. Dan terkadang saya berpikir kami harus ikut-ikutan memakai tipe mesin yang sama dengan Honda dan lain sebagainya.

“Tetapi pada akhirnya, saya memutuskan kalau perbandingan ini merupakan sebuah kesalahan. Kami tak dapat membuat motor seperti Honda. Yamaha hanya bisa membuat motor Yamaha. Inilah kesimpulan saya. Kami harus membuatnya lebih khas milik Yamaha dan harus mengembangkan chassis dan mesin kami sendiri.”



http://www.facebook.com/MotoGP.Mania.Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar